Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Sambutan Pidato Hut Polwan Ke 70 Tahun 2018 Yang Singkat

Hari Polwan atau Polisi Wanita yang jatuh pada tanggal 1 September setiap tahunnya, sebentar lagi akan kita peringati. Lahirnya Polwan tidak terlepas dari sejarahnya dahulu ketika Indonesia masih dalam kondisi perang. Saat itu banyak insiden pengungsian masyarakat, laki-laki, wanita, dan anak-anak. Semuanya ingin mendapat daerah yang kondusif dan terhindar dari peperangan. Namun untuk menghindari penyusupan oleh pihak lain, dilakukan investigasi terhadap para pengungsi. Namun para pengungsi perempuan menolak untuk diperiksa apalagi digeledah fisik oleh polisi laki-laki. Sehingga ketika itu pemerintah karenanya memerintahkan kepada Sekolah Polisi Negara (SPN) untuk mengadakan pendidikan polisi Wanita, ketika itu disebut dengan Pendidikan Inspektur Polisi bagi Wanita. Dan karenanya munculah generasi pertama dari Polwan yaitu Nelly Pauna Situmorang, Dahniar Pramono, Rosmalina Pramono, Mariana Saanin Mufti, Rosnalia Taher, dan Djasmainar Husen. Sejak 1 September 1948 hingga dengan ketika ini, diperingati sebagai HUT Polwan Republik Indonesia.

Baca juga : 7 Wallpaper Polwan Cantik Memperingati HUT Polwan ke 70 Tahun 2018 Terbaru

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan ke 70 Tahun 2018, beberapa kegiatan rutin selalu dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Kegiatan tersebut diantaranya Upacara HUT Polwan, Kegiatan Polwan di Masyarakat, Bakti Sosial dan lain sebagainya. Pada beberapa kegiatan tersebut, biasanya terdapat sesi untuk menawarkan sambutan pidato memperingati Hari Polwan ke-70 Tahun 2018. Sambutan pidato ini diberikan untuk menawarkan citra Polwan secara umum dan hal-hal yang berkaitan dengan Polwan. Untuk menawarkan sambutan pidato yang baik, disarankan untuk mengkonsepnya terlebih dahulu semoga sambutan yang dibawakan sanggup fokus dan dipahami oleh pendengar. Terkecuali apabila anda sudah terbiasa berpidato tanpa konsep atau goresan pena sanggup disampaikan secara langsung.

Baca juga : Kumpulan 50 Ucapan selamat HUT Polwan Indonesia Ke-70 Yang Baru dan Lucu

Untuk membantu mereka yang kesulitan dalam memberikan sambutan pidato memperingati Hari Polwan maka kami berikan teladan sambutan pidato Polwan di bawah ini. Pidato pendek Polwan ini hanya menawarkan citra Polwan secara singkat, untuk memperluas cakupan bahan sambutan sanggup anda tambahkan dengan bahan yang lebih lengkap.

Berikut contoh sambutan pidato memperingati hari Polwan ke 70 Tahun 2018

---------------------------------------------------------------

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh..

Yang terhormat bapak ...............
yang terhormat .....................
dan para hadirin yang saya muliakan


Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan anugerah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita sanggup berkumpul dan bertemu dalam keadaan sehat wal afiat, tak kurang suatu apapun, dalam rangka memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Polwan atau Polisi Wanita yang Ke 70 yakni pada tanggal 1 september 2018.

Polisi merupakan pengayom dan pelayan masyarakat untuk sebuah pengaduan, sekaligus penegakan Hukum di sebuah Negara, sehingga mempunyai peranan yang penting dalam menjaga stabilitas Keamanan Negara. Mengingat pentingnya kiprah Polisi dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat, sehingga kiprahnya senantiasa perlu di tingkatkan, banyak hal yang meski kita ketahui bersama bahua polisi bukan hanya pengayom, dan daerah pengaduan akan tetapi juga daerah bagi masyarakat untuk berteduh dalam rangka mencari keamanan serta kenyamanan dalam bemasyarakat, maka itu kita perlu meluruskan makna sosial dalam memaknai hakikat polisi.

Berkaitan dengan kiprah polisi secara umum, di dalam forum kepolisian juga terdapat unsur Polisi Wanita atau Polwan. Berdasarkan sejarah, Polwan lahir pada tanggal 1 September 1948. Lahirnya Polwan dilatarbelakangi oleh insiden pengungsian besar-besaran wanita, anak-anak, pria, untuk menjauhi peperangan yang terjadi ketika itu. Untuk menghindari penyusupan orang ke dalam wilayah negara maka dilakukan pemeriksaan, namun para perempuan menolak untuk diperiksa oleh polisi laki-laki apalagi diperiksa secara fisik, sehingga pemerintah ketika itu menunjuk Sekolah Polisi Polisi  berbicara mengenai Polis Negara (SPN) Bukittinggi untuk membuka pendidikan Inspektur Polisi untuk kaum perempuan sehingga pada tanggal 1 September 1948 lahirlah Polisi Wanita. 

Pada ketika ini, dimana zaman sudah berubah, Polwan tetap harus mempunyai peranan yang penting bagi masyarakat. Peran Polwan diperlukan tidak hanya menjadi embel-embel saja, alasannya ialah Polwan juga sanggup berkarya dan berkarir lebih tinggi ibarat polisi laki-laki. Untuk mencapai karir yang dicita-citakan hendaknya setiap personel Polwan berusaha sekuat tenaga untuk terus meningkatkan kapabilitasnya.
Peran Polwan memang tidak hanya sebatas pada bidang pekerjaan saja, Polwan yang intinya ialah seorang perempuan juga mempunyai kiprah di rumah tangga sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Meskipun kiprah dan tanggung jawab di daerah kerja menuntut seorang Polwan untuk fokus, namun diperlukan tidak juga melupakan tugasnya di rumah dalam melayani suami dan mendidik anak. Memang tidak gampang untuk menjalankan kiprah keduanya secara seimbang. Namun dengan doa, kerja keras dan keikhlasan, Insya Allah Polwan sanggup menjalankannya.   

Demikian sambutan dari saya, saya mewakili institusi mengucapkan Selamat Hari Makara Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia yang ke-70, Semoga Maju, Berjaya, dan Sukses untuk Polwan Indonesia, Hidup Polwan..!!!

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Demikian contoh sambutan pidato memperingati Hari Polwan ke 70 Tahun 2018. Semoga sanggup bermanfaat. Keep learning and sharing.